Rabu, 25 Februari 2015

Di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, rasakan sensasi bersafari di alam liar Afrika


Taman Nasional Baluran yang mirip Afrika
Taman Nasional Baluran yang mirip Afrika
Taman nasional yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo ini memiliki sabana atau padang rumput terluas di pulau Jawa, 25.000 ha alias sepertiga kota Jakarta. Ditumbuhi rimbunan pohon-pohon kabesak yang tinggi dan kokoh, serta dipenuhi berbagai mamalia seperti banteng, kerbau liar, rusa, hingga macan tutul dan berbagai macam burung, Taman Nasional Baluran adalah harta Indonesia yang tak dapat dibandingkan keindahannya.
Waktu terbaik untuk mengunjungi Baluran adalah bulan Maret-Agustus, di akhir musim penghujan dan awal musim kemarau. Pada periode-periode inilah hewan-hewan liar tadi “keluar” dari peraduan mereka dan menyambangi kita. Kamu bahkan bisa melihat langsung perkelahian antara rusa jantan, berlarinya kerbau dalam rombongan, dan kera-kera yang bergelantungan di pohon tinggi.
Tiket masuk taman nasional ini tidak mahal sama sekali, hanya Rp. 6.000 per mobil dan Rp. 2.500 per orang. Namun sejak awal tahun 2014, waktu kunjungan yang tadinya 24 jam dipotong menjadi hanya 8 jam, yaitu pukul 08.00 – 16.00. Baluran bisa dituju dengan perjalanan darat selama 6-7 jam dari Surabaya. Jika ingin menghabiskan lebih dari sehari mengelilingi taman nasional ini, kamu juga bisa bermalam di berbagai homestay yang bertebaran di luar pintu masuknya

0 komentar:

Posting Komentar