Rabu, 25 Februari 2015

Buddha yang sedang tidur tak hanya ada di Thailand atau Malaysia. Wajah damai Sang Buddha juga bisa kamu temukan di Mojokerto


Patung Buddha Mojokerto
Patung Buddha Mojokerto
Dalam agama Buddha, terdapat beberapa jenis nirwana. Salah satunya adalah paranirwana, di mana seorang arwah tidak akan bereinkarnasi karena karma dalam hidupnya yang sekarang sudah lunas terbayar. Nah, patung Buddha tidur ini melambangkan Sang Buddha yang sudah siap memasuki paranirwana.
Patung Buddha tidur ini umum ditemukan di kuil-kuil di Thailand, Myanmar, dan Kamboja. Tapi tahukah kamu, bahwa patung ini juga ada di Indonesia?
Ya, di Trowulan, Mojokerto, tepatnya di Mahavihara Majapahit, ada patung Buddha Tidur yang memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Sebenarnya rancangan pembuatan patung ini sudah ada lama, sejak tahun 1993. Patung ini pada awalnya ditujukan untuk umat Buddha di sekitar Mojokerto saja, namun para Bhante sekarang mengizinkan siapa saja yang tertarik untuk mengunjunginya. Patung ini tak pernah sepi pengunjung. Kamu hanya perlu membayar uang parkir saja lho, tidak perlu membayar tiket masuk. Selain patung raksasa ini, Mahavihara Majapahit juga mengoleksi replika mini Candi Borobudur dan patung-patung Buddha dalam pose yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar