Selasa, 11 November 2014

STRUKTUR BENTUK DAN UKURAN VIRUS

Setelah pada postingan sebelumnya kita telah kita bahas bersama mengenai Sejarah Virus danSifat Virus, pada kesempatan kali ini, pembahasan kita adalah mengenai Struktur, Bentuk dan Ukuran Virus. Untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah struktur, bentuk dan ukuran virus itu? Akan kita lihat bersama pada uraian berikut ini.

STRUKTUR VIRUS
Struktur virus sangat sederhana sehingga tidak dikatakan sebagai bentuk sel pada umumnya. Secara skematis struktur virus dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Virus tersusun atas materi inti yang mengandung asam nukleat. Asam nukleat inilah yang bersifat sebagai materi genetika virus karena membawa sandi-sandi genetika.

Struktur Virus
Struktur Virus
(sumber : lolakartika.blogspot.com)

Berbeda dengan materi genetika pada organisme hidup, materi genetika pada virus hanya terdiri atas ADN dan ARN saja. Tidak pernah ADN dan ARN terdapat dalam satu partikel. Materi genetika viru dikelilingi oleh lapisan pelindung berupa senyawa protein yang di sebut kapsid. Protein pada kapsid terdiri atas unit protein yang berulang-ulang dikenal sebagai struktur protomer. Protomer tersebut akan berikatan satu sama lain membentuk struktur kapsomer. Jadi, kapsomer dapat dikatakan sebagai monomer dari kapsid.

Kapsid dan asam nukleat akan membentuk nukleokapsid. Pada beberapa virus, nukleokapsid masih memiliki tambahan lapisan luar berupa senyawa lipid dan protein, disebut envelope(selubung). Sebagian materi selubung (envelope) berasal dari membran sel inang yang diperoleh saat virus keluar dari sel inang. Protein pada selubung kadang membentuk suatu tonjolan keluar yang disebut spikes. Keseluruhan dari partikel virus yang mampu menginfeksi disebut virion.

BENTUK DAN UKURAN VIRUS
Secara keseluruhan, pola struktur (bentuk) dasar virus ialah helikal dan isometrik. Bentuk helikal akan tampak seperti batang ataupun tabung, termasuk bentuk T pada bakteriofag. Bentuk isometrik adalah bentuk yang tersusun dari banyak bidang simetri. Pada virus, struktur isometrik yang ditemukan ialah bentuk ikosahedral. Ikosahedral tersebut terbentuk dari 20 bidang segitiga samasisi. Seringkali bentuk dasar ini masih diselubungi lapisan lain (envelope) sehingga seolah-olah berbentuk spherical (seperti bola).

Bentuk Virus
Beberapa Bentuk Virus
(sumber : zonabiokita.blogspot.com)

Ukuran virus teramat kecil dan dinyatakan dalam nanometer (10-9 mm) dengan kisaran 17-1.000 nm. Oleh karena ukuran virus yang teramat kecil, tak heran bila partikel virus lolos dari saringan bakteri.

0 komentar:

Posting Komentar