Selasa, 11 November 2014

Prokaryot dan Eukaryot

Sel merupakan komponen terkecil penyusun makhluk hidup baik yang prokariot maupun eukariotik. Beberapa juga mengatakan bahwa sel adalah ‘building block of living organism’. Dari definisi ini sebenarnya mengatakan juga bahwa virus bukanlah makhluk hidup, ya mungkin dia makhluk setengah hidup alias Zombie. Mungkin karena zombie mini ini juga mengerikan kali ya. Okey, kalau kita bincangkan tentang sel, maka kita tak akan terlepas dari dua tipe sel, yaitu sel prokariot dan eukariot.
Prokariot dan Eukariot:


Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

So, ternyata sel yang ada di muka bumi ini punya perbedaan meskipun punya fungsi yang sama. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sel eukaryot adalah gabungan antara eukariot kuno dengan prokaryot sehingga di dalam eukariot terdapat mitokondria yang mirip sekali dengan sel prokariot.
Contoh prokariot: Bakteri, Conto Eukariot : Sel tanaman, manusia, hewan
Hikmahnya sebenarnya terletak pada bagian ini. Bahwa sekaya apapun kita, secerdas apapun kita, sesukses apapun kehidupan kita, ingatlah bahwa sesungguhnya kita hanya tersusun atas sel yang sama persis bentuknya, ukurannya dengan sel monyet, beruang, sapi, atau kambing. Yang membedakan kita dengan mereka hanya mekanisme penerjemahan ataupun urutan basa DNA kita dengan mereka. Kalaulah urutan kita sama dengan mereka, niscaya bentuk kita sama persis dengan mereka. Nah, kalo begitu apa lagi yang disombongkan? bukankah lebih baik banyak amal, banyak sedekah, banyakin shalat, banyakin silaturahim, banyakin teman, biar hidup lebih BERKAH. See you next time. We will discuss about ORGANELES.

0 komentar:

Posting Komentar